Penjelasan Tentang Konstruksi Beton

Penjelasan Tentang Konstruksi Beton

Dalam membuat berbagai macam bangunan, sebuah konstruksi beton umumnya banyak digunakan, baik di Indonesia bahan dunia. Sebenarnya, selain konstruksi beton ada juga konstruksi baja, namun konstruksi baja tidak sepopuler konstruksi beton.

Hal ini karena konstruksi beton lebih memiliki banyak kelebihan di banding konstruksi baja, yaitu materialnya sangat mudah didapat dan dalam pengerjaannya pun tidak membutuhkan keahlian khusus.

APA YANG DI MAKSUD KONSTRUKSI BETON

Penjelasan tentang konstruksi beton adalah konstruksi yang menggunakan beton sebagai bahannya. Bahan dari beton adalah semen, fly ash, agregat, semen terak, air dan campuran bahan kimia lainnya.

Atau dalam istilah sederhana, beton atau yang dikenal masyarakat sebagai beton cor adalah sebuah hasil dari ragam jenis material konstruksi seperti semen, pasir, kerikil dan air yang dicampur menjadi satu hingga menjadi satu kesatuan bahan yang mengeras.

Beton sendiri biasa digunakan untuk membangun jalan, jembatan, pondasi, tiang, blok pada dinding, trotoar, pintu gerbang, pipa dan lain-lain. Dalam dunia konstruksi beton yang semakin berkembang, dahulu orang membuat beton cor dengan melakukan pencampuran bahan secara manual.

Namun, saat ini, telah ada sebuah produk yang siap digunakan untuk membuat beton cor tanpa harus mencampur bahan-bahan material secara manual dan biasa ditemui dalam tempat khusus pembuatan beton readymix (batching plant), nama produk tersebut adalah readymix.

Dalam teknis pengerjaan sebuah proyek bangunan di lapangan, beton ini dimasukkan ke dalam mobil molen untuk dibawa ke lokasi proyek. Jarak tempuhnya tidak boleh terlalu jauh, agar tidak mengurangi tingkat slump yang telah ditentukan. Sesampainya di lokasi proyek, mobil pompa sudah disiapkan untuk memindahkan Beton instan ke area yang akan dicor.

Untuk area cor yang jauh dan luas, peran mobil pompa beton sangatlah penting, karena dapat mengefektifkan waktu pengerjaan dan kualitas cor juga lebih merasa di semua bagian bidang yang dicor.

Adapun bagian dari mobil atau mesin pompa beton terdiri atas pompa dan pipa. Dengan cara kerjanya adalah dengan pengaruh tekanan tinggi yang berasal dari dalam mesin, seluruh material beton kemudian dipompa dan dialirkan ke sepanjang pipa secara terus menerus.

 

Baca Juga 

Pengertian dan Pembahasan Portland Cement (PC)

Penjelasan mengenai Beton Fly Ash (FA)

Penjelasan Peralatan Beton Trowel

 

JENIS-JENIS POMPA BETON

Untuk jenisnya sendiri pompa ini terdiri atas :

> Concrete Pump Standart

Jenis pompa ini diperuntukkan untuk mengerjakan bangunan-bangunan rendah dengan ketinggian bangunan kurang dari 20 meter seperti ruko, mall, rumah tinggal, dan lain-lain. Ukuran pipa yang dipakai biasanya 60 meter. Tekanan pompa beton tersebut biasanya antara 4 mpa atau 40 bar s/d 7 mpa atau 70 bar.

> Concrete Pump Long Boom

Pompa yang satu ini untuk bangunan yang tinggi, seperti kantor berlantai 5-7 lantai dengan ketinggiannya mencapai lebih dari 20 meter. Dan tekanan pompa betonnya adalah antara 8 mpa atau 80 bar s/d 400 bar (40 mpa).
Portable

Lain halnya pompa jenis portable ini, pompa ini biasa digunakan untuk proyek bendungan, subway, pelabuhan, pondasi PLN dan menara telepon. Bisa juga digunakan pada jalan atau gang yang tidak bisa dilalui mobil pribadi dengan jangkauan 120-170 meter.

> Concrete Pump Mini

Berasal dari teknologi Jepang, pompa ini diperuntukan khusus untuk bangunan yang berada di jalan yang sempit. Cocok juga untuk bangunan rumah dengan ketinggian 1-2 lantai.

Demikian beberapa hal tentang kontruksi beton cor yang penting untuk Anda ketahui, semoga dapat bermanfaat.


Cek juga informasi lainnya pada laman berikut:

https://www.instagram.com/proyekin

https://proyekin.com/blog/

Terima kasih telah mengunjungi website Proyekin. Semoga informasi diatas dapat membantu dan menjadi solusi pembangunan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.