Perhatikan hal ini sebelum memulai pengecoran

Perhatikan hal ini sebelum memulai pengecoran. Akhir-akhir ini, konstruksi bangunan berkonsep minimalis semakin digemari. Beberapa ciri utama bangunan berkonsep modern dan minimalis adalah struktur yang tegas, bentuk yang sederhana, dan kesan bangunan yang kuat. Untuk mencapai hasil konstruksi ini, material yang seringkali digunakan sebagai bahan utama konstruksi adalah beton. Hal ini dikarenakan beton memiliki sifat yang kuat, dapat dibentuk sesuai kebutuhan konstruksi, dan pengerjaannya tergolong mudah.

Perhatikan hal ini sebelum memulai pengecoran sebelum melakukan pekerjaan agar hasilnya dapat maksimal dan kuat, contohnya seperti:

  • Para pekerja yang ingin melakukan pekerjaan harus mengenakan pakaian pelindung.
  • Ketepatan elevasi dan ukuran harus disesuaikan dengan rencana.
  • Agar selama pengerjaan pengecoran tidak mengalami pergerakan maka harus menggunakan bekisting yang kuat.
  • Beton dan bahan-bahan lain yang telah mengeras dalam alat pengangkut tidak harus dibersihkan terlebih dahulu.
  • Bekisting yang akan dilakukan pengecoran harus dalam kondisi kering dan bersih dari sampah atau kotoran lainnya.
  • Komponen-komponen seperti besi, joint, ekspansion dan bahan lain yang akan ditanam dalam beton hendaknya sudah terpasang semua.
  • Biasanya, pihak Direksi Pengawas akan memeriksa terlebih dahulu semua persiapan dan proses pembesiannya. Jika pemasangan besi sudah tersusun rapi maka akan disetujui secara tertulis.
  • Untuk mencegah terjadinya perembesan maka subgrade semipous harus dibasahi sebelumnya. Subgrade yang porous juga harus mendapatkan lapisan bahan pengisi yangtelah disetujui oleh Direksi Pengawas.
  • Lakukan penyiraman beberapa jam sebelum pengecoran untuk menghindari adonan cor yang kering terutama bagian akhir pengecoran (menggunakan ready mix) untuk menghindari keropos.
  • Persiapkan alat penebar dan perata adukan, stik untuk memasukkan adukan ke sela-sela balok, sehingga tidak keropos.
  • Peralatan tukang dan tenaga bantu cor itu sendiri harus menggunakan sepatu boot dan topi pengaman.
  • Sediakan air sedekat mungkin dengan lokasi pengecoran.

Baca Juga :
Tahapan Metode Pelaksanaan Konstruksi Bangunan

8 Jenis Bahan Bangunan Proyek Kontruksi 

Langkah-Langkah Pembuatan RAB Bangunan

 

Persiapan yang harus dilakukan sebelum memulai pengecoran  –  Pengecoran dak memerlukan persiapan yang cukup banyak mulai dari pemasangan tiang perancah/steger (menggunakan scaffolding, gelam atau bambu) bekisting, penutup, pembesian dan pemasangan tahu-tahu sebagai bantalan anyaman besi. 

Perhatikan hal ini sebelum memulai pengecoran. Memulai pengecoran baik secara manual (menggunakan tenaga manusia-ember) maupun menggunakan readymix dan Concrete Pump (CP) seluruh aktivitas di atas harus telah diselesaikan 100 persen, sehingga ketika akan kegiatan pengecoran  dimulai tidak ada lagi gangguan berupa salah setting bekisting, jebol, besi stik patah atau stik belum dipasang dsb.

 


Cek juga informasi lainnya pada laman berikut:

https://www.instagram.com/proyekin

https://proyekin.com/blog/

Terima kasih telah mengunjungi website Proyekin. Semoga informasi diatas dapat membantu dan menjadi solusi pembangunan Anda.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.